UNAIR Blogging Competition

Web
0

Dasar dasar Geografi





Sejarah dan Definisi Geografi

Perkembangan geografi sebenarnya telah diketahui oleh manusia sejalan dengan perkembangan peradaban manusia . Berkembang karena dalam kehidupannya, manusia selalu ingin mencukupi kebutuhannya dengan memanfaatkan potensi potensi yang dimiliki alam . Namun, alam kadang membatasi manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Interaksi antara manusia dan alam inilah yang dipelajari dalam geografi. Kebutuhan manusia tidak sepenuhnya dapat dipenuhi di daerahnya sendiri , sehingga manusia dituntut untuk melakukan perjalanan ke tempat lain. Perjalanan ini dapat di sajikan dalam bentuk peta yang bersifat geografi . Jadi, Jelaslah bahwa geografi telah ada sejak manusia melakukan interaksi dengan alam .
Tahap-tahap perkembangan geografi :

Perkembangan awal

Manusia  sering melakukan perjalanan ke daerah lain untuk memenuhi kebutuhannya. Karena di daerahnya sendiri kebutuhan tak mencukupi . Pengalaman dan pengetahuan dalam perjalanan tersebut lah merupakan catatan penting dalam perkembangan awal geografi, dengan menyajikan pengalaman perjalanan dalam bentuk peta yang juga bersifat geografi :

Pada Abad XVII (masa geografi klasik)

Pada abad ini geografi bersifat deskriptif. Yaitu mendeskriptifkan keadaan dan fakta fakta yang ada di muka bumi . Misalnya dengan mengumpulkan data dan menerangkan inormasi informasi tentang lingkungan geografi  

Pada Abad XIX

Mengalami perubahan dalam segi keilmuan. Dari sekedar mendiskriptifkan, geografi mulai berubah menjadi ilmu yang menerangkan secara sistematis

Pada pertengahan abad XIX

Geografi pada masa ini mulai mengarah pada perbandingan data geografis dan karasteristik berbagai wilayah di dunia (Comperative Geography). Dan mulai berkembang menjadi geografi umum dan geografi spesialis.

Pertengahan abad XX / setelah perang dunia II (Geografi modern)

Pada masa ini geografi mengalami perkembangan yang cukup pesat . Yang awalnya geografi diwarisi oleh geograf Inggris dan amerika kini berkembang menjadi Global Geography,yang menjadikan seluruh dunia menjadi objek penyelidikan

Kesimpulan definisi geografi :

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam (geosfer) dan kaitannya dalam interaksi keruangan

Tokoh tokoh dalam masa perkembangan Geografi

-  Thales(640-546 SM) : menyibukkan diri dengan melakukan perjalanan ke daerah lain untuk mendapatkan inormasi yang bersifat geografi
-          Herodotus (485-425) : membuat laporan geografi tentang kedaan di sekitar Timur Tengah
-          Phytheas: melakukan pengukuran jarak matahari terhadap bumi
-          Eratosthenes (276-194) : menghitung keliling bumi


Objek Studi Geografi

Objek Material :

Semua materi yang menjadi sasaran atau isi kajian geografi yang berupa fenomena yang terjadi di muka bumi (geosfer) . Meliputi :
1.        Atmosfer : Udara yang menyelimuti bumi
2.      Litosfer : Lapisan terluar di muka bumi (Kulit atau kerak bumi)
3.      Pedosfer : Lapisan tanah di permukaan bumi
4.      Hidrosfer : keadaan air di muka bumi
5.      Biosfer : Lapisan tempat kehidupan manusia dan organism di muka bumi
6.      Antroposfer : kehidupan manusia di muka bumi

Objek Formal Geografi : Sudut pandang atau cara berfikir dalam mengatasi suatu gejala alam yang berkaitan dengan geografi

Dalam objek formal terdapat 3 hal pokok dalam sudut pandang keruangan :
1.        Spatial Patern : pola dari searan gejala tertentu di muka bumi
2.      Spatial System : hubungan antar gejala di muka bumi
3.      Spatial Process : perubahan atau perkembangan gejala di muka bumi

Konsep Geografi

1.        Lokasi
Merupakan suatu objek / daerah yang membedakan kondisi daerah satu dan daerah yang lainnya
2.      Jarak
Merupakan Ruang antar dua titik atau antar dua objel yang bias tentukan dengan menggunakan alat ukur
3.      Keterjangkauan
Berkaitan dengan  kondisi medan dengan sarana yang digunakan dalam transportasi
4.      Pola
Berkaitan dengan susunan, bentuk, persebaran fenomena alam di muka bumi
5.      Morfologi
Eraitan dengan bentuk permukaan bumi yang disebabakan oleh tenaga endogen (dari dalam) atau eksogen (dari luar)
6.      Kegunaan
Suatu wilayah yang tergantung pada kemampuan manusia di wilayah tersebut
7.      Aglomerasi
Kecenderungan persebaran yang mengelompok pada wilayah yang relative sempit namun sangat menguntungkan
8.      Interaksi dan Interpedensi
Interaksi : hubungan timbale balik antara daerah satudengan daerah yang lainnya
Interpedensi : hubungan ketergantungan antara daerah satu dengan daerah yang lainnya
9.      Diferensiasi Area
Perpaduan antar unsure lingkungan alam dengan kehidupan manusia
10.    Keterkaitan keruangan
Hubungan antar fenomena satu dengan fenomena yang lainnya pada wilayah tertentu


Prinsip Geografi

Meliputi :
1.        Prinsif Distribusi (persebaran)
Suatu gejala yang berada di permukaan bumi tersebar tidak merata, maksudnya adalah gejala atau fenomena di daerah satu dengan gejala di daerah lainnya berbeda tergantung kondisi wilayah.
2.      Prinsip Interelasi
Suatu hubungan yang saling terkait dalam ruang antara gejala satu dengan gejala yang lainnya
3.      Prinsip Deskripsi
Menjelaskan lebih jauh mengenai gejala gejala yang  kita amati atau dipelajari
4.      Prinsip Korologi
Gejala , fakta maupun masalah di suatu tempat yang ditinjau dari  sebarannya, interelasinya, integrasinya dalam ruang tertentu
  
Aspek Geografi

1)       Geografi Fisik
Cabang dari Ilmi geografi yang mempelajari tentang gejala fisik di permukaan bumi yang meliputi air, tanah, dan udara serta prosesnya
2)     Geografi Manusia
Cabang dari ilmu geografi yang mempelajari tentang semua aspek gejala yang mengambil manusia sebagai objek utamanya
3)     Geografi Regional
Perpaduan antara geografi fisik maupun geografi manusia 

Pengaruh Unsur Geografi terhadap kehidupan manusia 

1.        Iklim dan Cuaca
2.      Air
3.      Jenis tanah dan relief
4.      Gempa bumi
5.      Hasil Tamang dan Mineral
6.      Vulkanisme
7.      Angin

Pengaruh Unsur Topologi 

1.        Pengaruh Letak

a.       Letak Astronomis ( letak suatu daerah yang dikaitkan dengan posisi garis lintang dan garis bujur)
-Indonesia terletak diantara 6oLU-11o LS dan 95o BT -141oBT
-Akibatnya : Indonesia beriklim tropis, curah hujan cukup banyak, terjadi hujan zenital, proses pelapukan batuan di Indonesia cukup cepat, dan terjadinya perbedaan waktu di Indonesia
b.       Letak Geologis : letak suatu daerah berdasarkan bebatuan yang ada pada struktur permukaan buminya
-Indonesia terbagi dalam 3 zona geologi :
·         Bagian Utara : berbatasan dengan tameng Asia
·         Bagian barat dan selatan : benua gondwana
·         Bagian timur : dasar samudra pasifik
-Akibatnya : terdapat banyak gunung api yang dapat menyuburkan tanah, sering terjadi gempa bumi, terdapat bukit tersier yang kaya akan tambang
c.       Letak Geomorfologis : Letak suatu daerah berdasarkan morfologi suatu tempat di permukaan bumi
-Pengaruhnya:
·         Terdapat perbedaan suhu
·         Menentukan kepadatan penduduk
d.       Letak Geografis : Letak suatu daerah berdasarkan kenyataannya di muka bumi
-Indonesia terletak di antara 2 benua (benua Asia dan Australia) dan 2 samudra (samudra Pasifik dan Hindia)
-Akibatnya : terdapat 2 musim, terdapat banyak kekayaan laut , meningkatkan kegiatan pariwisata karena letaknya yang strategis
e.       Letak Maritim : Letak suatu daerah berdasarkan sudut kelautan
f.        Letak Ekonomis :Letak suatu daerah berdasarkan jalur dan kehidupan ekonomi Negara tersebut terhadap Negara lain
g.       Letak Sosiokultural : Letak suatu daerah berdasarkan  keadaan social dan budaya daerah atau Negara tersebut terhadap Negara yang lainnya

2.      Pengaruh luas dan  bentuk
3.      Pengaruh Batas

Ruang Lingkup Geografi 

Meliputi :

-Kajian terhadap wilayah
-Interaksi antar manusia dengan lingkungan fisik
-Persebaran dan kaitan antara penduduk dengan aspek keruangan
Ilmu Penunjang Geografi, 

Misalnya :
Astronomi : Ilmu yang mempelajari tentang perbintangan
Botani  :Ilmu yang mempelajari tentang dunia tumbuhan
Biologi : Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup di permukaan bumi
Zoologi : Ilmu yang mempelajari tentang hewan
Hidrologi : Ilmu yang mempelajari tentang keadaan air

Proposal Kegiatan ~ Adiwiyata




I.                  PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

                        Pesatnya perkembangan teknologi pada abad ke-20 ini telah banyak mempengaruhi kehidupan manusia sehari hari . Terutama pada produk produk yang merusak lingkungan . Apabila tanpa disadari dengan rasa ketidakpedulian terhadap lingkungan hidup, maka akan menjadi bencana besar bagi kelestarian alam. Salah satu yang masih menjadi permasalahan lingkungan terhadap bangsa Indonesia adalah factor pembuangan limbah sampah plastic . Dapat kita lihat di lingkungan sekolah kita , tempat sampah yang lebih dominan terbanyak adalah sampah plastic . Keberadaan sampah plastik menjadi permasalahan tersendiri saat ini dan makin memprihatinkan . Hampir bisa dipastikan  kehidupan kita selalu berhubungan dengan plastik mulai dari produk yang digunakan, kemasan makanan , hingga kantong untuk membawa produk atau barang tertentu. Materi plastik baru akan terurai oleh tanah dalam waktu 200-400 tahun, dan akan terurai secara sempurna dalam waktu 1000 tahun. Inilah pangkal bencana sesungguhnya yang diakibatkan karateristik fisik dan kimia sampah plastik yang dibuang secara terbuka ke lingkungan hidup.
                        Sampah plastic tidak hanya berdampak pada masalah pencemaran tanah, melainkan juga berdampak pada pencemaran air laut . Apabila limbah sampah plastic telah mencemari laut, maka binatang binatang di lautpun akan mati , sehingga ikan akan memakan plastic tersebut, dan bahayanya bagi kita adalah apabila kita memakan ikan tersebut berarti sama dengan kita memakan sampah plastik . Sampah plastic juga berdampak pada kesehatan tubuh kita. Sumber dari internet menyebutkan bahwa kemasan permen, plastik bening yang kaku, dan cling wrap (plastik tipis yang digunakan sebagai pembungkus makanan) mengandung Poli vinyl chlorida (PVC). Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan, bersifat karsinogenik dan mengandung dioksin, PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal dan hati .
                        Jika dibiarkan terus menerus , sampah-sampah plastic dapat membungkus seluruh permukaan bumi . Dengan keadaan seperti ini, sebagai siswa yang peduli lingkungan kita wajib untuk turut berpartisipasi terhadap penyelesain masalah ini, dimulai dari kebiasaan di lingkungan sekolah , lingkungan keluarga, kemudian lingkungan masyarakat dengan tidak berlebihan menggunakan produk yang memiliki kemasan plastic.  Sehingga kita dapat meminimalisir limbah sampah plastic di lingkungan sekolah dan menghemat bahan bakar minyak yang merupakan bahan dasar membuat plastic, serta dapat menyadarkan kita bahwa sampah plastic merupakan material yang tidak dapat diuraikan atau dihancurkan oleh organisme dan bersifat tahan lama.  Untuk itu upaya upaya dalam program yang ditujukan adalah sebagai berikut :
1.      Membentuk kantin peduli lingkungan yang bebas dari kemasan plastic pada acara acara tertentu
2.      Meminimalisasikan penggunaan bungkus makanan di kantin sekolah dengan mengganti kemasannya yang semula menggunakan plastic, menjadi kertas atau daun
3.      Meminimalisasikan penggunaan bungkus minuman di kantin sekolah dengan mengganti kemasannya yang semula menggunakan plastic menjadi gelas
4.      Menyebarkan slogan slogan tentang dampak sampah plastik di lingkungan sekolah
5.      Mensosialisasikan tentang bahaya penggunaan kemasan plastic bagi lingkungan dan kesehatan semua orang
6.      Melaksanakan program 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)

I.2. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan  program yang kami buat ini adalah untuk meminimalisir dan meniadakan limbah sampah plastic  di lingkungan sekolah, dan menjadikan lingkungan sekolah bebas dari sampah plastic yang tidak enak dipandang ,yang tentunya berbahaya bagi kesehatan semua warga sekolah.



II.               ISI PROPOSAL

2.1. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

  2.1.1 NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan : “Minimalisasi penggunaan sampah plastic di lingkungan sekolah”

 2.1.2. TEMA KEGIATAN

Tema Kegiatan : “BEBASKAN KITA DARI SAMPAH PLASTIK”

2.1.3. BENTUK KEGIATAN

-Mensosialisasikan tentang bahaya penggunaan plastic pada kemasan makanan bagi lingkungan

-Membentuk kantin peduli lingkungan pada acara acara tertentu. Seperti pada hari Lingkungan Hidup, hari Ulang Tahun SMAN 1 GRATI, dsb.

-Menyebarkan slogan slogan yang berkaitan dengan dampak sampah plastic bagi lingkungan di sekolah

  -Melaksanakan program 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)
  -Mengurangi penggunaan kemasan plastik pada kegiatan di sekolah

2.1.4. WAKTU DAN LOKASI KEGIATAN

Untuk waktu bisa ditentukan di kemudian hari

2.1.5. PENYELENGGARA

Sehubungan dengan kegiatan / program yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup maka penyelenggara utama kegiatan / program tersebut adalah semua siswa serta yang bergabung dengan KPLH , serta partisipasi dari semua warga sekolah .

 

 

III.           PENUTUP

                        Demikian proposal yang kami buat . Selanjutnya diharapkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sebaik baiknya. Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terimakasih.    

Back to Top