UNAIR Blogging Competition

Web

Proposal Kegiatan ~ Adiwiyata




I.                  PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

                        Pesatnya perkembangan teknologi pada abad ke-20 ini telah banyak mempengaruhi kehidupan manusia sehari hari . Terutama pada produk produk yang merusak lingkungan . Apabila tanpa disadari dengan rasa ketidakpedulian terhadap lingkungan hidup, maka akan menjadi bencana besar bagi kelestarian alam. Salah satu yang masih menjadi permasalahan lingkungan terhadap bangsa Indonesia adalah factor pembuangan limbah sampah plastic . Dapat kita lihat di lingkungan sekolah kita , tempat sampah yang lebih dominan terbanyak adalah sampah plastic . Keberadaan sampah plastik menjadi permasalahan tersendiri saat ini dan makin memprihatinkan . Hampir bisa dipastikan  kehidupan kita selalu berhubungan dengan plastik mulai dari produk yang digunakan, kemasan makanan , hingga kantong untuk membawa produk atau barang tertentu. Materi plastik baru akan terurai oleh tanah dalam waktu 200-400 tahun, dan akan terurai secara sempurna dalam waktu 1000 tahun. Inilah pangkal bencana sesungguhnya yang diakibatkan karateristik fisik dan kimia sampah plastik yang dibuang secara terbuka ke lingkungan hidup.
                        Sampah plastic tidak hanya berdampak pada masalah pencemaran tanah, melainkan juga berdampak pada pencemaran air laut . Apabila limbah sampah plastic telah mencemari laut, maka binatang binatang di lautpun akan mati , sehingga ikan akan memakan plastic tersebut, dan bahayanya bagi kita adalah apabila kita memakan ikan tersebut berarti sama dengan kita memakan sampah plastik . Sampah plastic juga berdampak pada kesehatan tubuh kita. Sumber dari internet menyebutkan bahwa kemasan permen, plastik bening yang kaku, dan cling wrap (plastik tipis yang digunakan sebagai pembungkus makanan) mengandung Poli vinyl chlorida (PVC). Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan, bersifat karsinogenik dan mengandung dioksin, PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal dan hati .
                        Jika dibiarkan terus menerus , sampah-sampah plastic dapat membungkus seluruh permukaan bumi . Dengan keadaan seperti ini, sebagai siswa yang peduli lingkungan kita wajib untuk turut berpartisipasi terhadap penyelesain masalah ini, dimulai dari kebiasaan di lingkungan sekolah , lingkungan keluarga, kemudian lingkungan masyarakat dengan tidak berlebihan menggunakan produk yang memiliki kemasan plastic.  Sehingga kita dapat meminimalisir limbah sampah plastic di lingkungan sekolah dan menghemat bahan bakar minyak yang merupakan bahan dasar membuat plastic, serta dapat menyadarkan kita bahwa sampah plastic merupakan material yang tidak dapat diuraikan atau dihancurkan oleh organisme dan bersifat tahan lama.  Untuk itu upaya upaya dalam program yang ditujukan adalah sebagai berikut :
1.      Membentuk kantin peduli lingkungan yang bebas dari kemasan plastic pada acara acara tertentu
2.      Meminimalisasikan penggunaan bungkus makanan di kantin sekolah dengan mengganti kemasannya yang semula menggunakan plastic, menjadi kertas atau daun
3.      Meminimalisasikan penggunaan bungkus minuman di kantin sekolah dengan mengganti kemasannya yang semula menggunakan plastic menjadi gelas
4.      Menyebarkan slogan slogan tentang dampak sampah plastik di lingkungan sekolah
5.      Mensosialisasikan tentang bahaya penggunaan kemasan plastic bagi lingkungan dan kesehatan semua orang
6.      Melaksanakan program 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)

I.2. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan  program yang kami buat ini adalah untuk meminimalisir dan meniadakan limbah sampah plastic  di lingkungan sekolah, dan menjadikan lingkungan sekolah bebas dari sampah plastic yang tidak enak dipandang ,yang tentunya berbahaya bagi kesehatan semua warga sekolah.



II.               ISI PROPOSAL

2.1. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

  2.1.1 NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan : “Minimalisasi penggunaan sampah plastic di lingkungan sekolah”

 2.1.2. TEMA KEGIATAN

Tema Kegiatan : “BEBASKAN KITA DARI SAMPAH PLASTIK”

2.1.3. BENTUK KEGIATAN

-Mensosialisasikan tentang bahaya penggunaan plastic pada kemasan makanan bagi lingkungan

-Membentuk kantin peduli lingkungan pada acara acara tertentu. Seperti pada hari Lingkungan Hidup, hari Ulang Tahun SMAN 1 GRATI, dsb.

-Menyebarkan slogan slogan yang berkaitan dengan dampak sampah plastic bagi lingkungan di sekolah

  -Melaksanakan program 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle)
  -Mengurangi penggunaan kemasan plastik pada kegiatan di sekolah

2.1.4. WAKTU DAN LOKASI KEGIATAN

Untuk waktu bisa ditentukan di kemudian hari

2.1.5. PENYELENGGARA

Sehubungan dengan kegiatan / program yang berkaitan dengan Lingkungan Hidup maka penyelenggara utama kegiatan / program tersebut adalah semua siswa serta yang bergabung dengan KPLH , serta partisipasi dari semua warga sekolah .

 

 

III.           PENUTUP

                        Demikian proposal yang kami buat . Selanjutnya diharapkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sebaik baiknya. Atas perhatian dan partisipasinya, kami ucapkan terimakasih.    

1 comments:

firdausenjoy said...

MANA TAKSASI DANA NYA ???

Post a Comment

Back to Top