UNAIR Blogging Competition

Web
4

Resensi Novel "Best Friend Forever" karya Khansa Akifah

RESENSI NOVEL

Judul                    : Best Friend Forever
Pengarang           : Khansa Akifah
Penerbit               : Zettu
Tahun                   : 2013
Tebal                    : 195 Halaman
Jenis Buku           : Non Fiksi
Warna Sampul    : Hijau Dan Putih
Gambar                : 3 Jari Yang Berlukiskan Wajah
Mencari sahabat ......

       Novel yang berjudul  “Best Friend Friend ”ini mengisahkan tentang pengalaman nyata seseorang untuk menemukan sahabat sejati , dengan cerita indah yang sudah terukir dengan sahabat yang akan membuat kita mengerti  dan memahami makna sahabat dalam hidup kita.Air mata,tawa,dan juga pertualangan yang akan membuatmu terus mengenang kehadiran sahabat.

Salah satunya pada bab I, diceritakan seseorang yang bernama Faiy . Demi menemukan sahabat sejatinya, ia rela sekolah di asrama, namun ternyata kenyataan yang terjadi tidak sejalan dengan harapannya . Tiga tahun berlalu , ia hanya mendapatkan kekecewaan dalam menjalin persahabatan . Orang orang yang ia anggap sahabat , justru meninggalkannya saat ia membutuhkan . Saat itu , teman sekamarnya Maya dan Ria berbicara, seringkali mereka tak memperdulikan Faiy . Bahkan meninggalkan Faiy tanpa mengajak Faiy . Padahal Faiy berhari hari tinggal bersama mereka, menghabiskan waktu bersama . Hingga Faiy merasa semakin sendiri . Namun, beberapa hari kemudian Silvy mulai masuk kedalam hidupnya, Faiy menganggapnya sebagai sahabat . Silvy masuk ke kamar Faiy yang saat itu tak bisa lagi membendung tangisnya . Faiy merasa tidak ada yang menyadari bahwa dirinya sangat membutuhkan teman . Faiy merasa dirinya memiliki banyak kekurangan, hingga tak ada seorangpun yang bisa menjadi sahabat sejatinya , karena terlalu banyak pengorbanan yang ia lakukan untuk sahabatnya, namun lagi lagi mereka menjauhi . Faiy tidak berharap banyak terhadap Silvy untuk dijadikan sebagai sahabat, karena ia merasa semua teman adalah sama , hanya datang ketika  membutuhkan, ketika selelesai kemudian dicampakkan . Seringkali Silvy datang ke kamar Faiy untuk bercerita tentang Lara yang semakin  menjauhinya. Lara adalah seseorang yang dianggap sahabat oleh Silvy yang kemudian juga menjauhi silvy . Seketika itu tiba tiba terucap dari bibir Faiy, “Jangan merasa sendirian gitu dong , kalau lo sadar Vy, Allah kan selalu bersama kita. Kita nggak pernah sendirian , kalau kita masih ngerasa sendiri, berarti kita nggak inget Allah”. Sesaat Faiy tersadar, kata kata yang terlontar dari bibirnya juga sesuai dengan hidupnya . Silvy tiba tiba memeluknya , ia menyadari bahwa selama ini Faiy lah yang menemaninya, mendengar curhatannya . Silvy kemudian merasakan kehampaan sejenak. Air matanya lagi lagi meledak.  Faiy juga mulai menyadari bahwa selagi ia mengingat Allah , ia tak perlalu mengatakan “ingin menjadi sahabat” pada seseorang, bahkan orang lainlah yang ingin menjadi sahabatnya .

Novel ini ditulis oleh Khansa Akifah, sebelumnya ia pernah menuliskan beberapa novel diantaranya berjudul “Ibu berhati surga” , dan “Ayah cintamu seluas samudera”.

Tokoh yang terdapat di novel ini diantaranya Faiy, Lara, Silvy , Ria, dan Maya . Faiy  dan Silvy adalah orang orang yang sibuk mencari sahabat hingga pada akhirnya mereka mengerti bahwa sahabt bukan lah hal yang untuk dicari. Faiy dan Silvy adalah tokoh yang baik dsa dibilang an setia, ia juga rela melakukan apapun demi orang orang yang mereka anggap sahabat. Sedangkan sebaliknya, Ria, Maya , dan Lara berwatak cuek , bisa dibilang memiliki watak bodo amat terhadap orang disekitarnya. Mereka hanya membutuhkan sahabat dikala membutuhkan .

            Kisah dalam novel ini terjadi banyak terjadi di kelas,  kamar ,  dan kamar . Serta dilihat dari jalan ceritanya, menggunkan alur maju . Novel ini sangat cocok dibaca oleh remaja yang rentan dan sensitif terhadap masalah persahabatan . Selain itu yang sangat menarik lagi adalah penulis menceritakannya dengan kalimat yang indah dan bermajas . Salahsatunya adalah sebagai berikut :

“Mulai sekarang , setiap kaiL hujan mengguyur, masing masing dari kalian membusurkan diri sepanjang langit bagai busur warna sebagai pengingat bahwa kalian semua dapat hidup bersama dalam kedamaian . Demikianlah pelangi tercipta sebagai pertanda harapan hari esok” (Akifah,  2013:2)

Novel tersebut dikemas dengan kisah nyata yang mengharukan di awal cerita kemudian menjadi kebahagiaan di akhir cerita . Kisah nya yang sulit di tebak, membuat siapapun yang membaca akan penasaran untuk membaca lanjutan dari cerita . Namun ada beberapa kata kata bermajas yang benar benar sulit untuk dimengerti oleh pembaca pemula sehingga dapat menyulitkan pembaca pemula untuk mengerti alur ceritanya . Serta setiap bab terdapat tokoh tokoh baru, yang tentunya membingungkan apabila kita tidak benar benar mengerti ceritanya dari awal .   

Banyak amanat dan pesan pesan yang disampaikan melalu novel ini ,sahabat itu bukan aku atau kita.banyak hal yang mewarnai hidup kita,salah satu yang paling melekat adalah hadirnya sosok sahabat dalam hidup. Sahabat ibaratkan malaikat yang mengangkat kita untuk melihat dunia saat sayap kita bermasalah, Sahabat pula yang akan mengingatkan kita bagaimana caranya terbang. Saling memahami dan mengerti dalam persahabatan itu harus,dalam hidup memang kita sangat membutuhkan sahabat karena dia adalah seseorang terdekat yang bisa mengubah kesedihan menjadi tawa,memberikan kita pelajaran yang tak pernah orang lain bias berikan kepada kita. Cinta,tawa,sedih,kita lakukan bersama-sama dengan seorang sahabat. Kita tidak harus mencari sahabat, karena sahabat akan mengampiri kita dengan sendirinya, melalui kebiasaan dan kebersamaan yang saling terjalin dan kita juga tak pernah sendiri, karena masih ada Allah yang menemani . Jadi , jangan pernah merasa sendiri. Kita hanya perlu berbuat baik kepada siapapun . Dan yang terpenting jangan sampai melupakan Allah.


Jadi bagi para remaja, layaklah novel ini dibaca  bagai para remaja agar dapat sadar bahwa dalam hidup kita butuh yang namanya seorang sahabat untuk membantu memberikan warna dalam hari-hari yang kita jalani. 

4 comments:

Unknown said...

tolong dong berikan ringkasannya

Unknown said...

Kasih dong unsur intrinsik dan ekrinsik nya mba

Unknown said...

Siapa yang karakternya antagonis

Daffa speed shop said...

Iya

Post a Comment

Back to Top