UNAIR Blogging Competition

Web
0

Pola Kalimat Menyebutkan anggota keluarga dalam Bahasa Jepang

WATASHI NO KAZOKU
(KELUARGAKU)

Dalam bahasa jepang, berbeda ketika kita menyebutkan anggota kelurga kita dengan keluarga orang lain. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana pola kalimat untuk menjelaskan jumlah anggota keluarga dan saudara pada subjek watashi (saya). Sebelum menuju ke pola kalimat, kita harus mengetahui sebutan anggota keluarga inti dalam bahasa jepang , diantaranya :
Kakek : Sofu
Nenek:Sobu
Ayah: chichi
Ibu:haha
Kakak (laki laki):ani
Kakak (perempuan):ane
Adik(laki laki):otouto
Adik (perempuan):imouto
Dan angka untuk menunjukkan jumlah anggota keluarga adalah sebagai berikut:
1: hitori
2:Futari
3:San nin
4:Yo nin
5:Go nin
6:Roku nin
7:Sichi nin
8:Hachi nin
9:Kyuu nin
10:Juu nin

Nah untuk menjelaskan jumlah anggota keluarga dalam subjek watashi (saya), berikut  pola kalimatnya :
Watashi wa + jumlah anggota + kazoku desu
atau
Watashi wa + jumlah anggota + + kazoku ga arimasu

Contoh:
Saya memiliki 3 anggota keluarga
Watashi wa san nin kazoku desu

Mudah bukan? Untuk lebih memperjelas lagi bisa juga disebutkan anggota keluarganya. Nah dalam bahasa jepang, penyebutan anggota keluarga harus diurut dari yang tertua untuk menghormati . Seperti kalimat  “Saya memiliki 5 anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dua kakak perempuan, dan saya” jika di jepangkan akan menjadi “Watashi wa go nin kazouku desu. Chichi to haha to ane ga futari to watashi desu” . to adalah kata hubung yang bisa diartikan dengan “dan”. Dalam kalimat tersebut terdapat kata ga , karena saudara yang kedudukannya sama disebutkan lebih dari 1 (2 kakak perempuan), apabila “2 kakak laki laki” maka apabila dijepangkan menjadi ani ga futari .
Nah sementara untuk menyebutkan jumlah saudara, pola kalimatnya sama dengan menyebutkan  jumlah anggota keluarga. Hanya saja kata kazoku diganti dengan kyoudai. Ingat  ya!! Saudara dan keluarga itu beda, saudara hanya meliputi saya, kakak, atau adik . Sementara keluarga terdiri mulai dari nenek, kakek, ibu, dsb .
Contoh kalimat:
Saya memiliki 3 saudara
Watashi wa san nin kyoudai desu

Pola kalimat tanya yang digunakan untuk subyek Watashi adalah sebgai berikut
Anata wa + nan nin + kazoku (keluarga) +desuka
Berapa jumlah anggota keluargamu?
Atau
Anata wa +  nan nin + kyoudai desuka
Berapa jumlah saudaramu?

Bagaimana? Bahasa jepang Mudah bukan ?? J monggo dicoba hehe J J J

Semoga bermanfaat . Wassalamualaikum wr wb 

0 comments:

Post a Comment

Back to Top