UNAIR Blogging Competition

Web
0

Tanggung Jawab & Kebebasan Perawat dalam Pelayanan Kesehatan

Tanggung Jawab & Kebebasan Perawat dalam Pelayanan Kesehatan 
(untuk powerpointnya klik disini)


Pengertian Tanggung Jawab (Responsibility)

ØPengertian Tanggung jawab menurut Barbara kozier (Fundamental of nursing 1983:25)
        Tanggung jawab perawat berarti keadaan yang dapat dipercaya dan terpercaya. Sebutan ini menunjukan bahwa perawat professional menampilkan kinerja secara hati-hati, teliti dan kegiatan perawat dilaporkan secara jujur. Klien merasa yakin bahwa perawat bertanggung jawab dan memiliki kemampuan, pengetahuan dan keahlian yang relevan dengan disiplin ilmunya.

ØPengertian Tanggung Jawab perawat menurut ANATanggung jawab perawat adalah Penerapan ketentuan hukum (eksekusi) terhadap tugas-tugas yang berhubungan dengan peran tertentu dari perawat, agar tetap kompeten dalam Pengetahuan, Sikap dan bekerja sesuai kode etik (ANA, 1985).

Jenis – Jenis Tanggung Jawab Perawat 1.Responsibility to God (tanggung jawab utama terhadap Tuhannya)

Dalam sudut pandang etika Normatif, tanggung jawab perawat yang paling utama adalah tanggung jawab di hadapan Tuhannya.

2.Responsibility to Client and Society (tanggung jawab terhadap klien dan masyarakat)

ØPerawat berpedoman pada tanggung jawab yang bersumber dari adanya kebutuhan terhadap keperawatan individu, keluarga, dan masyarakat.ØPerawat memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari individu, keluarga, dan masyarakat.ØPerawat, dalam melaksanakan kewajibannya terhadap individu, keluarga, dan masyarakat, senantiasa diladasi rasa tulus ikhlas sesuai dengan martabat dan tradisi luhur keperawatan.ØPerawat menjalin hubungan kerjasama dengan individu, keluarga, dan masyarakat, khususnya dalam mengambil prakarsa dan mengadakan upaya kesehatan, serta upaya kesejahteraan pada umumnya sebagai bagian dari tugas dan kewajiban bagi kepentingan masyarakat.

3.Responsibility to Colleague and Supervisor (tanggung jawab terhadap   rekan sejawat dan atasan)

ØMembuat pencatatan yang lengkap (pendokumentasian)
ØMengajarkan pengetahuan perawat terhadap perawat lain yang belum mampu atau belum mahir melakukannya.
ØMemberikan teguran bila rekan sejawat melakukan kesalahan atau menyalahi standar.
ØMemberikan kesaksian di pengadilan tentang suatu kasus yang dialami klien. 4.Tanggung Jawab Perawat terhadap TugasØPerawat memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggiØPerawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya sehubungan dengan tugas yang diprcayakan kepadanya, kecuali jika diperlukan oleh pihak yang berwenang sesuai denagan ketentuan hukum yang berlaku.ØPerawat tidak akan menggunakan pengetahuan dan keterampilan keperawatan yang dimilikinya untuk tujuan yang bertentangan dengan norma-norma kemanusian.ØPerawat dalam menunaikan tugas dan kewajibannya, senantiasa berusaha dengan penuh kesadaran agar tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, agama yang dianut, dan kedudukan sosial.ØPerawat mengutamakan perlindungan dan keselamatan pasien atau klien dalam melaksaakan tugas keerawatannya, serta matang dalam mempertimbangkan kemempuan jika menerima atau mengalih-tugaskan tanggung jawab yang ada hubungannya dengan keperawatan.

5.Tanggung Jawab Perawat terhadap Profesi

ØPerawat berupaya meningkatkan kemampuan profesionalnya
ØPerawat menjunjung tinggi nama baik profesi keperawatan
ØPerawat berperan dalam menentukan pembakuan pendidikan dan pelayanan keperawatan, serta menerapkannya dalam kegiatan pelayanan dan pendidikan keperawatan.ØPerawat secara bersama-sama membina dan memelihara mutu organisasi   profesi keperawatan sebagai sarana pengabdiannya.

6.Tanggung Jawab Perawat terhadap Negara

ØPerawat melaksanakan ketentuan-ketentuan sebagai kebijaksanaan yang telah digariskan oleh pemerintah dalam bidang kesehatan dan keperawatan.ØPerawat berperan secara aktif dalam menyumbangkan pikiran kepada pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan keperawatan kepada masyarakat. Beberapa cara dimana perawat dapat mengkomunikasikan tanggung jawabnya.ØMenyampaikan perhatian dan rasa hormat pada klien (sincere intereset)ØBila perawat terpaksa menunda pelayanan, maka perawat bersedia memberikan penjelasan dengan ramah kepada kliennya (explanantion about the delay).ØMenunjukan kepada klien sikap menghargai (respect) yang ditunjukkan dengan perilaku perawat.
ØBerbicara dengan klien yang berorientasi pada perasaan klien (subjects the patiens desires) bukan pada kepentingan atau keinginan perawat.ØTidak mendiskusikan klien lain di depan pasien dengan maksud menghina (derogatory).ØMenerima sikap kritis klien dan mencoba memahami klien dalam sudut pandang klien (see the patient point of view).
Pembatasan Kebebasan

1.Faktor dari dalam: fisik maupun psikis 
2.Lingkungan: alamiah maupun sosial-ekonomi. 3.Kesosialan manusia secara umum.

Kebasan Perawat

Perawat mempunyai kebebasan dalam bekerja, artinya perawat bekerja dengan keilmuannya sendiri dalam merawat pasien, tidak tergantung instruksi dokter dalam bekerja, Catalano (2006).

0 comments:

Post a Comment

Back to Top